• header
  • header

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 1 GUBUG | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP NEGERI 1 GUBUG

NPSN : 20313919

Jl. Letjen. R. Suprapto 71 Gubug Kabupaten Grobogan Telp. (0292)533156


info@smpn1gubug.sch.id

TLP : 0292533156


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 226183
Pengunjung : 80791
Hari ini : 29
Hits hari ini : 109
Member Online : 23
IP : 3.80.3.192
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • Wiwik Wijayantri (Guru)
    2020-08-31 20:50:26

    Apa yang Anda pikirkan?
  • Sri Suharni (Guru)
    2020-08-28 13:32:07

    Ayoo jaga jarak dan tetap pakai masker...selalu cuci tangan juga.
  • Rahayuningsih (Guru)
    2020-08-28 13:31:42

    Semoga covid cepat berlalu. tetap sehat, tetap semangat
  • Henie Widyastuti (Guru)
    2020-08-28 13:30:40

    selamat siang,masih semangat
  • Heru Purwanto (Guru)
    2020-08-28 13:29:25

    Selamat Untuk siswa lulusan 2019/2020 . Lulus 100%.
  • Sri Mulyani (Guru)
    2020-08-28 13:28:37

    Capek ngantuk pengin pulang
  • Anastasia Tri Hastuti (Guru)
    2020-08-28 13:22:57

    hai..kita ganti puto yukkkk
  • Muhtar Arifin (Guru)
    2019-04-15 10:06:31

    Sedang Mengerjakan administrasi untuk akreditasi
  • Sri Suharni (Guru)
    2019-04-12 09:49:35

    ayo..berlatih unk sedikit kemajuan......
  • Heru Purwanto (Guru)
    2019-04-12 09:06:24

    USBN selesai ... Srmoga anak2 sukses USBN dan SUKSES UNBK

Cara Membuat Puisi




Pengertian

Puisi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Arti puisi lainnya merujuk pada sajak atau gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus. Puisi dibuat dengan tujuan tertentu, seperti mengunkapkan pikiran dan perasaan si pengarang dengan merangkai kata-kata yang indah.

Sebagaimana halnya jenis-jenis prosa dalam kesusastraan Indonesia, puisi terdiri atas unsur-unsur pembentuk atau pembangun seperti unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik puisi atau disebut juga dengan struktur batin puisi meliputi tema, nada atau suasana, perasaan penyair, serta amanat. Sedangkan, unsur ekstrinsik puisi atau struktur fisik meliputi diksi atau pemilihan kata, pengimajinasian, kata konkret, majas, rima, dan tipografi. Unsur-unsur inilah yang harus diperhatikan ketika membuat puisi.

Bagaimana cara membuat puisi?

Membuat puisi tidak sulit karena puisi merupakan salah satu bentuk ekspresi pengarangnya. Pengarang bebas mengeluarkan apa yang dipikirkan serta dirasakannya dan menuangkannya dalam bentuk puisi. Hanya saja, agar puisi yang dibuat itu menarik dan menimbulkan kesan tertentu bagi siapapun yang membaca atau mendengarnya maka seorang pengarang harus mampu merangkai kata-kata dengan baik serta menggunakan imajinasi sekreatif mungkin.

1. Mencari ide

Sebelum menulis puisi, pengarang harus memiliki ide terlebih dahulu. Ide-ide yang dapat dijadikan sebagai sumber pembuatan puisi sangatlah banyak. Misalnya, ide yang bersumber dari pengalaman pribadi atau orang lain. Selain pengalaman, ide juga dapat bersumber dari peristiwa atau kejadian yang menimbulkan kesan tertentu, imajinasi pengarang sendiri, perasaan, lingkungan sekitar, hewan kesayangan, seseorang, dan lain sebagainya. Proses pencarian ide ini dapat dilakukan dengan cara perenungan secara mendalam terhadap berbagai macam kegiatan atau aktivitas seperti membaca, mengamati dan lain sebagainya.

2. Mengendapkan ide

Setelah ide didapat, langkah berikutnya adalah mengendapkan ide tersebut atau inkubasi untuk diproses lebih lanjut. Proses pengendapan ide ini dilakukan dengan cara mengolah berbagai informasi atau materi yang telah diperoleh dan menyusunnya ke dalam bentuk tulisan. Pada tahapan ini, pengarang sebaiknya memiliki serta menguasai berbagai macam kosa kata serta gaya bahasa. Hal ini dimaksudkan agar pengarang dapat dengan leluasa memilih kata-kata yang tepat dan gaya bahasa sesuai dengan tema puisi yang dibuat.

3. Menuangkan ide

Langkah berikutnya adalah menuangkan ide-ide yang telah diendapkan tersebut ke dalam bentuk tulisan atau iluminasi. Di sini, pengarang harus mampu merangkai kata-kata serta gaya bahasa yang telah dipilih  dan mewujudkannya dalam bentuk tulisan. Pada tahapan ini, pengarang bebas menulis puisi sesuai dengan keinginan sendiri. Dalam arti tidak harus terpaku pada banyaknya bait atau banyaknya baris dalam bait. Karena, di era sekarang, penulisan puisi tidak lagi berpatok pada kaidah penulisan puisi lama yang meliputi irama, persamaan bunyi atau sajak, pengelompokkan baris, pemilihan kata-kata yang tepat, jumlah baris pada setiap bait serta banyaknya suku kata pada setiap baris. Kini puisi dapat ditulis dalam bentuk prosa, paragraf, atau bentu-bentuk lainnya.

4. Penilaian

Setelah puisi ditulis sesuai dengan keinginan pengarang, langkah berikutnya adalah pengarang melakukan pemeriksaan kembali terhadap tulisan yang telah dibuatnya. Hal ini sangat penting dilakukan jika dalam puisi ditemukan kata-kata yang kurang sesuai. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh teman atau mereka yang ahli dan bertujuan untuk mennetukan apakah puisi tersebut layak diterbitkan atau tidak.

Source: https://dosenbahasa.com/cara-membuat-puisi-yang-benar-beserta-contohnya




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : edasewuaboh -  [ekajiqog@omofu.fodiscomail.com]  Tanggal : 23/09/2021
http://slkjfdf.net/ - Olaxkuq <a href="http://slkjfdf.net/">Uoxicezux</a> ytc.cunk.smpn1gubug.sch.id.lwz.bl http://slkjfdf.net/

Pengirim : obihaneyosew -  [eorayije@pazew.fodiscomail.com]  Tanggal : 10/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Axeroni</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Obnaxiv</a> gbz.jnth.smpn1gubug.sch.id.wto.wu http://slkjfdf.net/

Pengirim : uxocuyiwatu -  [eboqio@pazew.fodiscomail.com]  Tanggal : 10/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Ilohga</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Ukneakom</a> usg.ybhf.smpn1gubug.sch.id.mwe.ib http://slkjfdf.net/

Pengirim : jarihejofo -  [ijukujiq@pazew.fodiscomail.com]  Tanggal : 02/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Suyjiqa</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Epiikozo</a> vau.ines.smpn1gubug.sch.id.qxx.yv http://slkjfdf.net/


   Kembali ke Atas